04 April 2009

PSTS TABING

BARALEK GADANG

Jumat malam 27 Maret 2009 boleh jadi adalah hari pesta besar-besaran bagi masyarakat Perupuk Tabing Kec. Koto Tangah Padang. Lebih khusus lagi, pesta yang diadakan malam itu adalah pesta besar klub PSTS Tabing. Sebab malam itu selain diadakan Penutupan Secara Resmi Turnamen Sepakbola Ibrani Cup 2009 – dimana PSTS Tabing Harimau menjadi juara – juga dilaksanakan acara pelantikan Pengurus Baru PSTS Tabing periode 2009-2013. Lebih dari itu, malam itu juga dilaksanakan acara Malam Syukuran Terpilihnya Bapak Drs. H. Fauzi Bahar M.Si – yang notabene Pembina PSTS Tabing dan putra Kec. Koto Tangah Padang – menjadi Walikota Padang untuk kedua-kalinya bersama pasangannya H. Mahyeldi Ansharullah SP yang juga Penasehat PSTS Tabing dan warga Kel. Perupuk Tabing. Tak pelak, malam itu pun PSTS Tabing seperti sedang BARALEK GADANG.

Acara sendiri diawali dengan acara pelantikan pengurus baru PSTS Tabing yang dikomandoi N. Nofi Sastera yang sebelumnya Ketua I PSTS Tabing di zaman kepemimpinan almarhum H. Mardianus Mansyur. Pelantikan pengurus PSTS itu langsung dilakukan Walikota Padang Drs. H. Fauzi Bahar M.Si dalam kapasitas beliau sebagai Ketua Umum KONI Padang.

Dalam sambutannya Bapak Walikota mengaku respek dan menyimpan harapan besar terhadap kepengurusan baru PSTS Tabing itu. Hal itu karena PSTS saat ini dipimpin oleh figur-figur yang tepat. Ketua Umum PSTS N. Nofi Sastera misalnya selain mantan Sekum PSP Padang saat ini juga masih menjabat Sekretaris Umum Pengcab PSSI Kota Padang. Selain itu di kepengurusan ini juga terdapat sejumlah nama yang sudah malang melintang di dunia persepakbolaan Sumatera Barat seperti Drs. Bakaruddin, Drs. Hasbi Batubara, Drs. Afrizal, M.Pd, Jafri Sastera, Dasrul Aur, Faisal Fahmi dan Mukhtar Anwar.

“Saya optimis dan cukup yakin PSTS Tabing akan semakin jaya di masa-masa mendatang,” tegas Bapak Walikota.

PENGHARGAAN TOKOH BERJASA

Selain acara pelantikan pengurus, malam itu juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada 5 (lima) orang Tokoh Berjasa PSTS Tabing. Selain Drs. Nasrun Mansyur yang masih hidup, empat penghargaan lainnya diterima isteri dan anak-anak almarhum. Kelima orang Tokoh Berjasa itu antara lain;

1. Almarhum Bapak M. Yasin (Pak Acin) Ketua Umum Pertama PSTS Tabing periode 1975-1983

2. Drs. Nasrun Mansyur, Wakil Ketua Umum Pertama PSTS Tabing selain juga merupakan Kapten Tim PSTS Tabing saat merebut 2 kali gelar juara Harun Zain Cup

3. Almarhum Bapak H. Mardianus Mansyur. Selain merupakan anggota tim PSTS saat merebut 2 kali gelar juara Harun Zain Cup, Beliau juga merupakan Ketua Umum PSTS kedua periode 1983-2007.

4. Almarhum Bapak Lasidi, motor penggerak dan tokoh paling berjasa mengantarkan PSTS merebut dua kali gelar juara Piala Harun Zain Cup

5. Almarhum Bapak Yanuar Legan, mantan pelatih yang membawa tim PSTS merebut dua kali gelar juara Piala Harun Zain Cup.

Khusus mengenai penghargaan ini menurut Ketua Umum PSTS N. Nofi Sastera, jumlahnya bukanlah 5 (lima) orang ini saja. Namun masih ada sejumlah tokoh berjasa PSTS Tabing lainnya yang menurut Nofi akan diberikan penghargaan. “Namun kita terkendala dalam hal dana pembuatan Piagam dan Plakat Penghargaan tersebut. Sehingga untuk kali ini baru lima orang itulah yang bisa kami berikan,” ujar Nofi.

Latar belakang pemberian piagam penghargaan itu pun menurut bukanlah untuk sekedar sensasi atau mencari perhatian. Namun lebih dimaksudkan sebagai tanda bahwa generasi muda menghargai jasa para senior dan pendahulunya.

“Jujur saja, tanpa mereka, PSTS takkan pernah ada dan takkan pernah sampai sebesar ini. Wajar dong, PSTS Tabing dengan semboyan baru Generasi Baru Harapan Baru mewujudkan rasa salut dan hormatnya kepada para seniornya dengan memberikan penghargaan ini. Apalagi sebagaimana judul sebuah pidato Bung Soekarno yakni Jas Merah yang maksudnya Jangan Sesekali Melupakan Sejarah. PSTS Generasi Baru ini pun jelas takkan pernah melupakan sejarahnya,” tegas Nofi.

PENYANYI TOP DAN PANTUN BERHADIAH

Pesta baralek gadang PSTS sendiri selain diwarnai dengan pemberiah hadiah kepada para juara dan terbaik Turnamen Sepakbola Ibrani Cup 2009 yang telah digelar sejak 8-26 Maret 2009 di Lapangan PSTS Tabing diawali dengan penampilan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh para Penari dari Sanggar Permata Hati pimpinan Ny. Welly Nofi Sastera. Selain itu Ustad kondang Arnius AN yang wajah dan gayanya mirip-mirip Rhoma Irama mengakhiri acara resmi malam itu dengan Doa Syukuran terhadap semua keberhasilan yang telah dicapai PSTS Tabing, termasuk khususnya keberhasilan Bapak Fauzi Bahar menjadi Walikota Padang untuk kedua-kalinya.

Acara malam puncak yang berlangsung hingga pukul 04.00 WIB dini hari itu lebih meriah lagi dengan tampilnya sejumlah penyanyi top kota Padang serta adanya permainan Pantun Berhadiah (Kim) yang dibawakan pasangan Poppy dan Momon serta diiringi pemusik Zal Atong dengan Yolanda Entertainment-nya. Adapun penyanyi top kota Padang yang ikut menyanyi malam itu antara lain An Roy’s, Zalmon, Anjas, Dudung (Ketua Ikatan Penyanyi Jalanan Kota Padang) serta Ketua Umum PSTS Tabing N. Nofi Sastera yang juga mantan Ketua I PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta dan Penata Musik Rekaman Indonesia) Sumbar disamping juga seorang pencipta lagu.

Dari kalangan pejabat dan tokoh masyarakat yang ikut menyumbangkan suaranya malam itu adalah pasangan suami isteri Caleg Partai Golkar Sumbar dan Padang yakni H. Syawir Thaher, SH dan Hj. Rita Umami, SH yang dipaksa naik pentas oleh Om King Churchil seorang pengusaha terkenal di Padang dan juga pemerhati sepakbola. Pasalnya malam itu Om King mau menyumbang sebesar Rp 2,5 Juta untuk PSTS Tabing asalkan Pak Syawir dan Buk Rita mau menyanyi.

Selain Pak Syawir dan Buk Rita juga ikut menyanyi Bapak Surya Budhi, SH Staf Ahli Walikota Padang serta tak lupa Bapak Ibrani SH, Caleg DPR-RI sponsor tunggal turnamen Ibrani Cup 2009 yang membawakan lagu ciptaan N. Nofi Sastera berjudul Ambo Ibrani, meski dengan improvisasi dan kreatifitas tambahan sendiri.

Malam sebelumnya, 26 Maret 2009, saat mana acara resmi batal digelar karena pas di jam acara hari hujan lebat, sejumlah pejabat lainnya ikut menyumbangkan suara emasnya. Selain Drs. Amritha Luthan Camat Padang Utara, juga ada Ir. Hermen Peri Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Kota Padang serta bintang acara pada kedua malam itu yakni Bapak Drs. H. Firdaus Ilyas, MM yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemko Padang.

YANG TERBAIK DI IBRANI CUP 2009

- Juara I PSTS Tabing Harimau mendapatkan hadiah trophy bergilir Ibrani Cup, trophy tetap, medali emas 25 set serta uang tunai Rp 7.500.000,-

- Juara II PS. Semen Padang mendapatkan trophy tetap, medali perak 25 set serta uang tunai Rp 5.000.000,-

- Pemain Terbaik M. Khadafi (PSTS Tabing Harimau) mendapat trophy tetap dari Darmarindo Printing plus uang tunai Rp 1.000.000,-

- Top scorrer alias pencetak gol terbanyak Fikrul Ilmi (PS. Semen Padang 4 gol) mendapatkan mendapat trophy tetap dari Darmarindo Printing plus uang tunai Rp 1.000.000,-

- Tim Terbaik atau Tim Fairplay PS. Thawalib FC dari Padang Panjang mendapatkan trophy tetap dari panitia.

Tidak ada komentar: